Beranda

“…Serba – Serbi TOUR DE LINGGARJATI 2017 Kuningan…”


“…Keindahan Alam Desa Wisata Cibuntu, Kabupaten Kuningan Cirebon, Jawa Barat…” Photo By : Red.NRMnews.com

“…NRMnews.com – Kuningan-Jabar, Kuningan mungkin bisa diibaratkan remaja putri yang tengah tumbuh cantik dan bersolek. Ditengah hingar bingar Tour de Linggarjati 2017 para pembalap dan pengunjung dari luar daerah Kuningan dapat sekaligus menikmati keindahan dan kecantikan Bumi Kuningan.

Rute-rute yang dilalui melintasi alam perkotaan dan pedesaan serta tempat-tempat wisata yang tersebar di Kabupaten Kuningan. Hijaunya sawah, ladang, dan hutan di kaki gunung Ciremai menjadi nilai lebih dalam Tour de Linggarjati 2017.

Kami ingin kabupaten Kuningan menjadi salah satu Profinsi terbaik di Indonesia. Kami ingin menonjolkan sisi kearifan lokalnya, baik Sejarahnya, Budayanya, Kekayaan alamnya, kekayaan Kulinernya dan di tambah dengan Tour de Linggarjatinya. Jadi bukan gedung- gedung pencakar langit yang kami bangun tapi kearifan lokalnya, ungkap Bupati Kuningan Acep Purnama disela-sela pembukaan Tour de Linggarjati.

Kepala Bidang Pemasaran Dinas Pemuda Olah Raga dan Pariwisata Kab Kuningan Hj Nani Rusnani bersama tim dari Kementrian Pariwisata RI membawa kami tim Media Kemenpar RI berkunjung ke destinasi-destinasi wisata unggulan di Kuningan.

Ada banyak destinasi wisata dan sejarah di Kuningan ini antara lain Gedung Perjanjian Linggarjati yang sekaligus menjadi tempat finish TdL, Gua Maria Cisantana sebagai wisata rohani umat Katolik, Sukageuri, Ipukan, Kolam Ikan Dewa di Cigugur dan Cibulan, Desa Wisata Cibuntu dan lain-lain, ungkap Hj Nani Rusnani.

Selain itu wisata kulinernya juga tidak kalah dengan daerah-daerah lain seperti Tape Ketan Ember khas Kuningan, Durian asli Kuningan yang sangat lezat, Tahu Susu, Masakan khas Sunda dan lain-lain yang akan panjang sekali bila di sebut satu persatu, lanjut Hj Nani Rusnani.

Keterangan itu ternyata bukan isapan jempol semata keindahan alam Sukageuri dan Ipukan benar nyata. Ditambah dengan turunnya kabut saat kami disana menambah eksotis alam Sukageuri dan Ipukan. Jernihnya air di Kolam Ikan Dewa Cibulan dan ikan-ikan Dewa yang sulit ditemukan di daerah lain juga menyenangkan.

Disana pengunjung dapat berenang bersama ikan-ikan itu. Selain itu ada tempat bersejarah peninggalan Leluhur Sunda yang saat itu beragama Sunda Wiwitan berupa Siwa Lingga dan 7 mata air.

Sementara keindahan alam Desa Wisata Cibuntu juga patut diacungkan jempol. Sepanjang perjalanan disuguhi deretan hutan karet dan perkebunan sayur dan umbi serta sawah warga disana. Desa Cibuntu yang dulu merupakan tempat galian pasir disulap dan ditata menjadi hijau dan indah oleh warga setempat yang dipimpin oleh Kepala Desa yang dikenal dengan Pak Kuwu Awam. Tak berlebihan bila Tour de Linggarjati memasang tag “Lintasi Alam Kenali Budaya Cintai Sejarah”.

(Oleh : Red.NRMnews.com / Santi Widianti – Editor : A.Dody.R)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s