Beranda

“…Hari Ibu Juga Diperingati di Kota Kinabalu…”


Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

“…NRMnews.com – KOTA KINABALU, Tanggal 22 Desember selalu dirayakan sebagai “Hari Ibu” di Indonesia. Perayaan yang sama di tanggal itu diperingati juga di Kota Kinabalu untuk mengenang dan menghargai perjuangan kaum perempuan. Masyarakat Indonesia di Kota Kinabalu, diantaranya Para Pejabat dan staf KJRI, Guru, dan perwakilan paguyuban masyarakat pada tanggal 22 Desember 2017 berkumpul di Balai Budaya KJRI Kota Kinabalu untuk merayakan hari ibu.

Konjen RI, Akhmad DH Irfan pada perayaan ini membacakan sambutan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Yohana Yembise yang mengatakan bahwa, Hari Ibu adalah gambaran tekad dan perjuangan kaum perempuan dalam segala sisi kehidupan. Sementara Ketua DWP Iit Muhitoh dan Ketua Panitia Dhani Syarifuddin berturut-turut melaporkan kegiatan “kaum Ibu” di Kota Kinabalu dan membacakan sejarah timbulnya perjuangan kaum perempuan Indonesia.

“…Hari Ibu dideklarasikan pertama kali dalam Kongres Perempuan Indonesia pada tanggal 22 Desember 1928, di Yogyakarta, di pendopo Dalem Jayadipuran milik Raden Tumenggung Joyodipoero, dan baru ditetapkan oleh Presiden Soekarno pada 22 Desember 1953 melalui Dekrit Presiden RI No.316 Tahun 1953…”, demikian sejaran perjuangan Kaum ibu yang dibacakan oleh Ketua DWP.

Masyarakat Indonesia di Kota Kinabalu punya cara tersendiri dalam merayakan hari ibu, seperti mengadakan lomba yang menggambarkan perlakuan kepada ibu dan kaum perempuan secara spesial, antara lain memberikan karangan bunga, membuatkan puisi dan lainnya. Dalam lomba perlakuan kepada kaum ibu dan perempuan dimenangkan oleh Dede, seorang guru di SIKK, sementara dalam lomba peragaan busana nasional telah dimenangkan oleh Yayu, seorang ibu rumah tangga.

Kemeriahan dan hubungan silaturahim dari peserta yang hadir nampak bertambah selepas acara diadakan santap siang bersama dengan lauk sederhana antara lain urap sayur dan kerupuk gendar yang jarang ditemukan di Kota Kinabalu.

(Oleh : Red.NRMnews.com / Santi Widianti – Editor : A.Dody.R)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s